Tak gelar griya, Presiden anjurkan silaturahim virtual saat Lebaran

Tradisi silaturahmi bersama keluarga dan kru agar terus dijaga. Meski tidak bertemu secara langsung, silaturahmi mampu dilakukan secara virtual,

Jakarta (ANTARA) – Istana Kepresidenan menguatkan Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo tak akan mengadakan gelar griya (open house) pada Idul Fitri satu Syawal 1441 Hijriah, Ahad  (24/5) 2020  untuk mencegah risiko transmisi virus corona  jenis baru pengantara COVID-19.

Namun, Istana mengirimkan bahwa Presiden mendorong agar asosiasi tetap melaksanakan tradisi silaturahim zaman Lebaran, dengan salah satu cara yakni silaturahim secara virtual menggunakan berbagai media dan memanfaatkan jaringan teknologi.

“Tradisi silaturahmi bersama keluarga dan kerabat biar terus dijaga. Meski tidak bersemuka secara langsung, silaturahmi bisa dikerjakan secara virtual, ” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan  di Jakarta, Jumat.

Presiden juga meminta pada seluruh menteri dan anggota Kabinet Indonesia Maju untuk tidak menimbulkan acara gelar griya.

“Tentunya apa yang dilakukan sebab Presiden diharapkan bisa diikuti oleh seluruh jajaran kabinet, karena Pengantara Presiden juga tidak akan melakukan acara ‘open house’, ” katanya.

Sebelum 2020, Kepala Jokowi rutin mengadakan gelar rumah bagi semua kalangan saat Idul Fitri. Pada Lebaran 2019, Presiden Jokowi melakukan gelar griya pada Istana Negara, Jakarta. Di 2018, Presiden juga menggelar kegiatan silaturahim tersebut di Istana Kepresidenan, Enau, Jawa Barat.

Idul Fitri 1441 Hijriah jatuh dalam Minggu, 24 Mei 2020, serasi dengan hasil sidang isbat yang telah ditetapkan Menteri Agama Fachrul Razi.

Baca juga: Jelang Lebaran, menyimak cara silaturahmi lewat dunia digital

Menyuarakan juga: Mudik virtual

Baca juga: Dwiki Dharmawan menyelenggarakan konser virtual bantu diaspora terdampak COVID-19

Baca selalu: MPR gelar konser virtual “Berbagi Kasih Bersama Bimbo lawan Corona”

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Author Image
illvolef304b354