Wali Kota Liverpool dukung Derbi Merseyside di Goodison Park

Jakarta (ANTARA) – Wali Kota Liverpool Joe Anderson mendukung penyelenggaraan Derbi Merseyside edisi kedua Liga Premier Inggris musim 2019/20 di markas Everton, Stadion Goodison Park, ketimbang harus dipindahkan ke arena adil.

Derbi Merseyside antara Everton kontra Liverpool menjadi salah satu laga yang sampai saat itu belum ditentukan lokasi penyelenggaraannya dalam jadwal baru rilisan Liga Inggris menjelang kelanjutan musim 2019/20 sesudah tertangguhkan sejak pertengahan Maret karena pandemi COVID-19.

Pasalnya, pihak kepolisian Inggris sempat menyatakan bahwa pertandingan terjadwal tanggal 21 Juni itu perlu dialihkan ke arena netral demi mencegah berkerumunnya suporter kedua tim di luar stadion yang berarti melanggar hukum praktik jaga jarak pencegahan COVID-19.

Membaca juga: Jurgen Klopp sarankan kirab juara Liverpool diadakan musim ajaran
Baca juga: Semangat Klopp kembali saat sepak bola Inggris mendekati “restart”

Namun, menurut Anderson saat ini otoritas keamanan di wilayahnya telah mampu untuk menciptakan lingkungan yang cukup aman sehingga Everton & Liverpool tak perlu mencari-cari lokasi lain.

“Kita sekarang sudah dalam keadaan yang bertambah baik dibandingkan empat pekan awut-awutan dan cukup mampu memahami pentingnya tidak ada kerumunan orang pada luar stadion, ” kata Anderson kepada The Athletics sebagaimana dilansir Reuters, Senin WIB.

Anderson, yang tidak pernah menyimpan identitasnya sebagai suporter Everton tersebut, mengaku sudah banyak berkomunikasi dengan dua klub Merseyside dan para suporternya terkait pentingnya menjaga iklim agar tetap kondusif.

“Beberapa waktu terakhir kami berkesempatan untuk berbicara dengan suporter serta kedua klub juga sudah melangsungkan perannya untuk terus menyiarkan suruhan agar suporter menjauhkan diri. Kedua klub sudah jelas menyatakannya, termasuk Juergen Klopp, ” ujarnya.

“Jadi saya rasa tak ada alasan untuk menolak perlawanan dimainkan di markas klub-klub kota kami, baik itu derbi Merseyside di Goodison Park maupun laga-laga kandang Liverpool, ” katanya melengkapi.

Mengaji juga: Bagi Joe Gomez, Liverpool punya formula untuk memenangi penuh trofi

Anderson bahkan menyatakan bahwa pihak kepolisian Merseyside sudah menyetujui seandainya Derbi Merseyside digelar di Goodison Park.

“Kepolisian Merseyside sudah mendukung penyelenggaraan derbi dalam sini dan mereka akan bertanggung jawab mengamankan situasi di luar stadion demi memastikan praktik celik jarak tetap berjalan, ” pungkasnya.

Derbi Merseyside bahan berperan lebih nantinya, sebab Liverpool dalam perjalanan untuk menyudahi masa sulit gelar juara Liga Inggris 3 dekade lamanya.

Liverpool saat ini berada di puncak klasemen dengan koleksi 82 poin atau unggul 25 poin serta hanya butuh enam poin buat memastikan gelar juara.

Bahkan jika Manchester City (57), yang dijadwalkan main lebih pokok untuk laga tunda mereka di dalam 17 Juni, kalah melawan Arsenal maka Liverpool bisa memastikan gelar juara dengan mengalahkan Everton.

Baca juga: Solskjaer ingin manfaatkan aturan baru jelang “restart” Liga Inggris
Baca juga: Arsenal kalahkan Charlton 6-0 dalam laga persahabatan
Baca juga: Rangkaian tes COVID-19 lanjutan Liga Premier nol kejadian positif

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Author Image
illvolef304b354