Juventus ke final Piala Italia meski main imbang 0-0 dengan Milan

Juventus ke final Piala Italia meski main imbang 0-0 dengan Milan

Jakarta (ANTARA) – Juventus melaju ke final Piala Italia meski bermain imbang 0-0 secara AC Milan dalam laga semifinal leg kedua yang dimainkan di Stadion Allianz, Turin, Jumat setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Bianconerri berhak melaju ke partai teratas karena menggenggam keunggulan gol bertanding dari semifinal leg pertama dengan berakhir imbang 1-1 saat dimainkan pada 13 Februari silam, demikian catatan laman resmi Piala Italia.

Pertandingan semifinal Beker Italia itu merupakan pertandingan profesional pertama yang dimainkan di Italia setelah seluruh kegiatan olahraga di negara tersebut ditangguhkan sejak Maret akibat pandemi COVID-19.

Di final, Juve akan ditantang Napoli atau Inter Milan dengan baru akan bermain pada Sabtu (13/6) malam. Pertandingan final hendak dimainkan empat hari kemudian yaitu pada Rabu (17/6) di Stadio Olimpico, Roma.

Baca juga: Pemerintah Italia dilaporkan setuju longgarkan aturan karantina liga
Baca juga: FIFA izinkan bursa transfer buka pra liga domestik 2019/20 rampung

Sebelum pertandingan semifinal dimulai, dilakukan kegiatan mendiamkan cipta untuk mengenang para korban jiwa yang meninggal karena COVID-19 serta tepuk tangan bagi para-para petugas kesehatan. Milan mengenakan baju pemanasan bertuliskan “Black Lives Matter, ” sedangkan kaus para pemain Juve bertuliskan “No to racism. ”

Juve memiliki hadiah penalti pada menit ke-16, setelah wasit Daniele Orsato melihat VAR dan memutuskan bahwa tangan Andrea Conti mengenai bola dalam kotak terlarang.

Christiano Ronaldo mencetak gol penalti di semifinal leg pertama, namun kala ini ia tidak dapat melakukannya karena sepakannya sebagai algojo melanggar tiang gawang.

Tidak lama berselang Milan kembali mendapat masalah saat Ante Rebic menyelenggarakan pelanggaran keras terhadap Danilo, yang membuatnya diganjar kartu merah.

Unggul jumlah pemain mendirikan Juve lebih leluasa mendikte tipuan. Blaise Matuidi melepaskan sepakan voli yang dapat ditahan kiper Gianluigi Donnarumma dan Ronaldo menembakkan bola yang masih mampu diatasi sebab Donnarumma. Milan gagal menguji kiper Gianluigi Buffon walau mereka kaum kali mampu membangun serangan dengan baik.

Baca juga: Juventus optimis bisa perpanjang kontrak Paulo Dybala
Baca juga: Ibrahimovic masih bakal menepi sepuluh hari karena cedera

Dalam awal babak kedua Milan tahu mengancam melalui sundulan Hakan Calhanoglu yang melebar. Milan kemudian menanamkan penyerang Rafael Leao untuk mengoper Giacomo Bonaventura untuk menajamkan gempuran mereka.

Meski kedua tim diizinkan melakukan lima pancaroba pemain, namun terlihat bahwa keduanya mengalami kelelahan pada babak ke-2. Sampai peluit panjang ditiupkan wasit, keduanya gagal mengukir gol kemajuan untuk membuat Juve berhak hadir di final.

Lapisan pemain seturut laman resmi Piala Italia:

Juventus (4-3-3): Gianluigi Buffon, Danilo (Juan Cuadrado 86′), Leonardo Bonucci, Matthijs De Ligt, Alex Sandro, Miralem Pjanic (Sami Khedira 62′), Rodrigo Bentancur, Blaise Matuidi (Adrien Rabiot 63′), Douglas Costa (Federico Bernardeschi 63′), Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo

AC Milan (4-2-3-1): Gianluigi Donnarumma, Andrea Conti (Alexis Saelemaekers 88′), Simon Kjaer, Alessio Romagnoli, Davide Calabria (Diego Laxalt 88′), Ismael Bennacer, Franck Kessie (Rade Krunic 82′), Hakan Calhanoglu, Lucas Paqueta (Lorenzo Colombo 82′), Giacomo Bonaventura (Rafael Leao 52′), Ante Rebic

Baca juga: FIGC meminta penonton bisa ke stadion pra musim berakhir
Baca juga: Bos Parma sebut ini tarikh pengorbanan bagi klub-klub Serie A

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Author Image
illvolef304b354