Mendikbud: Kampus Merdeka hasilkan lulusan berdaya saing dan kreatif

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pendidikan serta Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka akan menjadi jalan dalam menghasilkan lulusan berdaya saing, kreatif, memiliki ketahanan mental dan ingat sesama.

“Kampus Merdeka menyerahkan kesempatan pada perguruan tinggi buat mengembangkan jiwa kewirausahaan sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan zaman, ” ujar Nadiem seperti dikutip dalam dialog ITB dalam Masa Baru Bagi Indonesia Baru, di Jakarta, Senin.

Tempat mengatakan pandemi COVID-19 telah menyerahkan pukulan keras pada dunia ekonomi dan dunia pendidikan. Tantangan madrasah tinggi semakin besar untuk menghadirkan sumber daya manusia yang ulung.

Menangkap juga: Alumnus ITB sebut tersedia lima nilai yang perlu ditanamkan sejak mahasiswa

Baca juga: Rektor ITB: PTTI berperan penting dalam kebebasan Indonesia

Nadiem mengucapkan melalui wirausaha maka mahasiswa bakal mengenal ekosistem profesional secara tepat dan mempelajari mengatasi problematikanya pra mengarungi lautan bebas.

“Dengan semangat kemandirian, saya mengajak para wirausahawan bergotongroyong dan hidup bersama. Berkarya bagi diri sendiri, keluarga dan bangsa tercinta untuk melompat lebih tinggi menjadi generasi yang unggul pada masa ajaran, ” kata dia.

Nadiem berharap perguruan tinggi bisa menerapkan kebijakan Kampus Merdeka biar dapat melahirkan lulusan yang berdaya saing, kreatif, memiliki ketahanan mental, dan peduli kepada sesama.

ITB pada mulanya bertanda Technische Hogeschool pada 1920. Kemudian pada 1959, namanya berubah menjadi Institut Teknologi Bandung dan diresmikan Presiden Soekarno. Peringatan 100 tarikh atau seabad ITB memiliki tema Inovasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan. ITB merupakan kampus tertua dan baru dibidang teknologi di Tanah Minuman. *

Baca juga: Presiden: Kontribusi ITB bagi kemajuan bangsa dinantikan

Baca juga: Ventilator buatan ITB-Unpad-Salman ITB diserahkan ke Kemenkes

Pewarta: Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © KURUN 2020

Author Image
illvolef304b354