Luhut: ada “cashback” bagi konsumen biaya produk dalam negeri

Luhut: ada “cashback” bagi konsumen biaya produk dalam negeri

Jakarta (ANTARA) – Menteri Koordinator Dunia Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan menganjurkan stimulus tambahan berupa cashback bagi konsumen yang berbelanja produk dalam negeri buatan usaha mikro, kecil serta menengah dan industri kecil dan menengah (UMKM dan IKM).

Dalam unggahannya di akun Instagram pribadinya @luhut. pandjaitan, Jumat, Luhut mengatakan program stimulus itu mau diluncurkan pada 17 Agustus 2020 mendatang dan merupakan hasil kerap koordinasi Gerakan #BanggaBuatanIndonesia bersama barisan K/L terkait.

“Program ini nantinya akan memberikan gaya berupa cashback maksimal hingga Rp750 seperseribu per konsumen. Jadi, total stimulus bagi masyarakat yang disiapkan itu akan berjumlah sebesar Rp7, 6 triliun, ” katanya.

Luhut menilai program tersebut adalah kesempatan edukasi kepada seluruh umum Indonesia untuk masuk ke era “digitalisasi”. Stimulus itu pun diperuntukkan kepada para konsumen yang berbelanja lewat transaksi nontunai via bank ataupun dompet digital.

Baca juga: Luhut dukung pemulihan pariwisata Bali

Konsumen juga tentunya harus berbelanja produk UMKM dalam negeri, bukan produk luar negeri lewat seluruh platform ekonomi digital yang sudah lumrah di Indonesia.

“Saya tekankan kepada jajaran kementerian terkait untuk benar-benar memperhatikan hal itu, karena sejalan dengan harapan Kepala Jokowi agar daya beli kelompok bisa kembali bergerak terhadap buatan lokal sehingga bisa berdampak di perbaikan roda perekonomian Indonesia, ” katanya.

Luhut berniat program stimulus tambahan itu akan membawa optimisme yang memberikan efek domino yang baik dalam pendirian dan inovasi produk-produk dalam negeri.

“Dengan demikian, bakal tumbuh usaha-usaha baru dan tercipta banyak lapangan pekerjaan bagi klub Indonesia. Seperti harapan seluruh kelompok Indonesia di momen peringatan Independensi Republik Indonesia ke-75 tahun tersebut, Indonesia Maju, ” pungkas Luhut.

Mengaji juga: Luhut ingatkan Pertamina awut-awutan PLN soal penggunaan komponen lokal
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Author Image
illvolef304b354